Pengenalan Arduino


Pengertian dan Kelebihan Arduino
Arduino merupakan salah satu produk kit elektronik yang bersifat open source, dengan komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler yang dapat diprogram dengan bahasa c/c++ menggunakan software yang telah disediakan oleh pihak terkait yaitu Arduino IDE.
 
Arduino Uno

Proses kerja dari Arduino adalah sesuai dengan program yang kita tanamkan pada Arduino tersebut. Sehingga kegunaan dari produk kit elektronik ini sangat bermacam-macam, mulai dari yang hanya menyalakan LED sampai dengan membuat drum elektronik, dan bahkan membuat mini CNC.

Beberapa contoh perangkat yang sudah pernah dibuat menggunakan Arduino antara lain alat pengukur jarak, pembaca RFID, drone, mini CNC, pengontrol suhu, GPS logger, robot arm, MP3 player, pendeteksi api, komunikasi jarak jauh, dan tentu masih banyak lainnya.

Arduino di Indonesia
Penggunaan Arduino meningkat dengan pesat di Amerika, Eropa, serta Asia tidak terkecuali di Indonesia. Beberapa jenis Arduino yang dijual di pasaran Indonesia antara lain adalah Arduino Uno, Arduino Nano, Arduino Due, Arduino Mega, Arduino Mini, Arduino Micro, dan lainnya.


Kelebihan Arduino
  1. Menggunakan sarana komunikasi USB, sehingga tidak memerlukan port serial RS232 pada saat mendownload program dari komputer.
  2. Tidak memerlukan device chip programmer karena di dalam Arduino sudah ada bootloader yang akan menangani proses download program dari komputer.
  3. Memiliki fitur-fitur yang lengkap antara lain PWM, komunikasi serial, ADC, timer, interrupt, SPI, dan I2C.
  4. Bahasa pemrograman yang relatif mudah.
  5. Tersedia library gratis yang dapat didownload di internet untuk menghubungkan Arduino dengan berbagai device yang lain.
  6. Adanya komunitas open source yang saling mendukung, seperti LUFA project, Tom Igoe, dan lainnya.


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive


Labels